top of page

"Jantung = Hari Senin"


Siapa yang tidak kenal dengan pembunuh nomor satu di dunia ini. Ya.. Penyakit jantung. Penyakit jantung adalah akan menyerang sistem pembuluh darah dan melemahnya otot jantung pada siapapun tanpa pandang bulu. Penyakit jantung dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti pola hidup tidak sehat, keturunan, maupun pola makan yang tidak bergizi. Kementerian kesehatan memperikrakan hingga tahun 2030, telah ada 25 juta orang meninggal karena penyakit ini.


Orang yang menderita penyakit jantung biasanya cepat kelelahan tanpa sebab yang pasti, sering merasakan nyeri di dada, berkeringat tanpa melakukan apapun, sering mengalami sakit kepala, denyut jantung tidak teratur dan sesak napas. Serangan jantung mendadak menyebabkan sekitar 325.000 kematian setiap tahunna di Amerika Serikat. Penelitian menemukan bahwa penyakit jantung lebih sering terjadi pada hari senin. Mengapa demikian??? Hal ini disesuaikan dengan fenomena “Monday Peak”.

“Monday Peak” dapat dikatakan sebagai kesibukan di hari senin. Penelitian yang dilakukan di Skotlandia dan diterbkan pada British Medical Journal (BMJ) membuktikan bahwa kematian akibat serangan jantung tertinggi pada hari senin. Penelitian ini didasarkan terhadap 80.000 pria dan wanita yang meninggal dalam kurun waktu 1986-1995 karena serangan jantung.


Menurut dr. Christine Evans, penyebab kematian yang tinggi pada hari senin disebabkan karena tingginya konsumsi minuman beralkohol pada akhir pekan dan ‘kewajiban’ untuk kembali bekerja setelah menikmati liburan sehingga menyebabkan stres yang spontan. Selain itu, fakta menarik lainnya yang ditemukan oleh peneliti dair University of Oxford, Inggris menyatakan bahwa wanita yang belum menikah lebih rentan terkena penyakit jantung dibandingkan wanita yang sudah menikah. Hal ini disebabkan karena pola hidup yang berbeda.

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page