top of page

Earphone... Menyenangkan sekaligus Mengerikan.


Siapa yang tidak pernah memakai earphone??? Apa kalian tahu jenis-jenis earphone??? Ya… earphone merupakan alat bantu kita untuk mendengarkan musik maupun berbagai macam suara dalam keadaan yang ramai dan berisik. Alat ini seperti sudah menjadi suatu kewajiban bagi orang-orang apalagi mahasiswa untuk dibawa kemanapun mereka pergi. Tapi apakah kalian tahu, menggunakan earphone memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan kita, terutama pada bagian telinga.


Earphone dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri di telinga, dimana 92% bakteri terdapat pada busa earphone. Jurnal Medis Laryngoscop mengatakan bahwa mendengarkan musik selama 1 jam dapat meningkatkan bakteri hingga 700 kali lipat yaitu sekitar 650 hingga 700 mikro-organisme yang awalnya hanya 60 mikro-organisme. Pernyataan ini juga diperkuat oleh Manchester Evening News dalam Online Journal of Health and Allied Science.


Pertumbuhan bakteri ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu menempelnya bakteri telinga pada earphone ataupun sebaliknya dan juga pertukaran bakteri dari satu orang ke orang lain pada saat saling meminjamkan earphone. Berdasarkan penelitian para peneliti dari Universitas Manipal, India menunjukkan bahwa kelompok orang yang sering menggunakan earphone secara begantian dapat meningkatkan bakteri sebanyak 92%.

Sungguh mengerikan bukan???

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan telinga kita. Pertama kita harus rutin membersihkan telinga baik itu secara pribadi maupun dengan perawatan dokter. Kedua kita bisa membersihkan perangkat earphone kita secara berkala sebelum menggunakannya. Ketiga, menurut Dr. Chiranjay Mukhopadhyay mengatakan bahwa sebaiknya kita mempunyai earphone pribadi sendiri tanpa meminjamkan kepada orang lain.

Semua tergantung kepada teman-teman. Kesehatan milik teman-teman. Lebih baik mencegah daripada kita harus mengobati dan sudah terlambat.


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page